TEKNIK PENYUSUNAN SOAL PG

TEKNIK PENYUSUNAN SOAL PILIHAN GANDA

A.   Pengertian
Pengukuran secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis (paper and pencel test).   Tes tertulis merupakan kumpulan soal-soal yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tulisan.  Dalam menjawab soal, siswa tidak selalu harus merespon dalam bentuk jawaban, tetapi juga dapat dilakukan dalam bentuk lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan sejenisnya.  Tes tertulis merupakan teknik pengukuran yang banyak digunakan dalam menilai pencapaian kompetensi mata pelajaran sebagai hasil belajar.
B.   Bentuk Tes Tertulis
Soal tes tertulis dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu soal dengan memilih jawaban yang sudah disediakan (bentuk soal pilihan berganda, benar-salah) dan soal dengan memberikan jawaban secara tertulis (bentuk soal isian, jawaban singkat dan uraian). Dilihat dari bentuk soalnya, tes dapat dikelompokkan menjadi tes tertulis objektif seperti pilihan ganda dan isian, dan tes tertulis non-objektif seperti bentuk soal uraian non-objektif.
C.   Bentuk Soal Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda merupakan bentuk soal yang jawabannya dapat dipilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disediakan.  Konstruksinya terdiri dari pokok soal dan pilihan jawaban.   Pilihan jawaban terdiri atas kunci dan pengecoh.   Kunci jawaban harus merupakan jawaban benar atau paling benar, sedangkan pengecoh merupakan jawaban tidak benar, namun daya jebaknya harus berfungsi, artinya siswa memungkinkan memilihnya jika tidak menguasai materi.
Soal pilihan ganda dapat diskor dengan mudah, cepat, dan memiliki objektifitass yang tinggi, mengukur berbagai tingkatan kognitif, serta dapat mencakup ruang lingkup materi yang luas dalam suatu tes.   Bentuk ini sangat tepat digunakan untuk ujian berskala besar yang hasilnya harus segera diumumkan, seperti ujian nasional, ujian akhir sekolah, dan ujian seleksi pegawai negeri.   Hanya saja, untuk menyusun soal pilihan ganda yang bermutu perlu waktu yang lama dan biaya cukup besar, disamping itu, penuis soal akan kesulitan membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi, terdapat peluang untuk menebak kunci jawaban, dan peserta mudah mencotek kunci jawaban.  Secara umum, setiap soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option).  Pilihan jawaban terdiri atas kunci dan pengecoh (distractor).
Dalam penyusunan soal tes tertulis, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan soal dilihat dari segi materi, konstruksi, maupun bahasa.   Selain itu soal yang dibuat hendaknya menuntut penalaran yang tinggi.
Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan cara:
  • Mengidentifikasi materi yang dapat mengukur perilaku pemahaman, penerapan, analisis, sistesis, atau evaluasi.  Perilaku ingatan juga diperlukan namun kedudukannya adalah langkah awal sebelum siswa dapat mengukur perilaku pemahaman, penerapan, analisis, sistesis, atau evaluasi.
  • Membisaakan menulis soal yang mengukur kemampuan berfikir kritis dan mengukur keterampilan pemecahan masalah
  • Menyajikan dasar pertanyaan (stimulus) pada setiap pertanyaan, misalnya dalam bentuk ilustrasi/bahan bacaan, seperti kasus, contoh, table dan sebagainya.
D.   Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda
Dalam menulis soal pilihan ganda harus memperhatian kaidah-kaidah sebagai berikut:
q  Materi
1.  Soal harus sesuai dengan indikator
2.  Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi
3.  Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar
q  Konstruksi
4.  Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas
5.  Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja
6.  Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar
7.  Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negative ganda
8.  Panjang rumusan pilihan jawaban harus relative sama
9.  Pilihan jawaban jangan mengandung pertanyaan, “semua pilihan jawaban diatas salah”, atau semua pilihan jawaban diatas benar”.
10.  Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologisnya.
11.  Gambar, grafik, table, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
12.  Butir soal jangan bergantung pada jawaban sebelumnya.
q  Bahasa
13.  Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
14.  Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
15.  Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.

16.  Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

0 komentar:

Posting Komentar